Wangi Vanila Ternyata Bikin Kita Mudah Menahan Nafsu Makan, Cocok Nih Selama Ramadhan

Wangi vanila ternyata bisa bantu tahan nafsu makan? (dok. leaf tv)

Tahu nggak sih Teens, ternyata wangi vanila bisa membantu kita dalam menahan nafsu makan lho, wah cocok nih buat bulan Ramadhan biar kuat puasa! 

Suatu saat, kita mungkin merasa terganggu dengan nafsu makan yang terlalu tinggi. Apalagi saat berpuasa di bulan Ramadhan, keinginan untuk makan harus ditekan hingga saat berbuka tiba. Caranya, selain mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan kaya serat saat sahur, kita juga bisa menggunakan aromaterapi untuk menekan nafsu makan.

Salah satu aroma yang teruji paling efektif menekan selera makan adalah vanila. Mencium aroma vanila yang alami, akan mampu membuat kita lebih mudah menahan keinginan diri untuk terus mengunyah makanan.

Menurut Alan Hirsch, pendiri Smell and Taste Treatment and Research Foundation yang berlokasi di  Chicago, Amerika Serikat, menghirup sesuatu beraroma creamy seperti vanilla bisa mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi makanan. Mengonsumsi makanan atau minuma dengan rasa vanila juga diketahui memiliki efek yang sama.

Lilin wangi vanila bisa digunakan, nih! (dok. copenhagen candle)

Aroma vanila membuat otak berasumsi kalau tubuh telah makan lebih banyak dari porsi makanan yang sebenarnya. Dampaknya, kita akan lebih cepat merasa kenyang dan mengurangi nafsu makan secara cepat, sehingga kita cenderung mengambil porsi makan lebih sedikit.

Hal tersebut teruji dengan penelitian di RS St. George London yang melibatkan 200 responden degan berat badan berlebih. Masing-masing responden dibagi dalam beberapa grup. Salah satu grup ditempeli koyo dengan aroma vanilla, sementara grup lainnya diberikan koyo wangi lemon, dan ada pula yang tidak memakai koyo. Dalam masa penelitian satu bulan, terbukti kalau grup yang memakai koyo vanila bisa mengurangi berat badan lebih banyak dibandingkan grup lainnya.

Atau mau pakai parfum vanila? (dok. Jo Malone)

Gimana, tertarik menggunakan wewangian vanila di ruangan agar bisa menahan nafsu makan dan kuat puasa selama Ramadhan? 

Source: Kubik News

Komentar

Postingan Populer