Kejahatan Cyber Makin Merajarela, Hati-Hati, 5 Malware Ini Bisa Mengancam Pengguna WhatsApp

WhatsApp jadi aplikasi messaging dengan pengguna paling banyak di dunia, lebih dari satu milyar orang menggunakan layanan ini. Namun, bukan berarti jumlah yang banyak itu mengurangi ancaman yang akan dialami oleh penggunanya, justru kita harus semakin waspada dengan keberadaan malware yang bisa sewaktu-waktu menyerang kita. Nah, ternyata ada lima malware yang saat ini sedang ''berkeliaran'' untuk memburu mangsanya, ini dia daftarnya.

1WhatsApp Gold, meskipun berwarna emas namun membawa virus berbahaya di dalamnya

Kalo selama ini kalian tahu kalo WhatsApp punya logo yang berwarna hijau, berbeda dengan WhatsApp Gold yang sebenarnya punya warna yang lebih ''menarik''. Sayangnya, di balik warna emasnya ini, ternyata membawa sebuah virus berbahaya yang bisa mencuri data pribadi kalian kalo tidak berhati-hati dalam menggunakannya.

2WhatsApp Video Calling, fitur keren ini ternyata punya celah keamanan!

Fitur ini kebanyakan sering dipakai para penggunanya, gimana nggak, kita bisa berbicara secara langsung dengan orang lain melalui video secara gratis! Sayangnya, para hacker punya cara khusus untuk menyebarkan malware yang bisa mencuri data penggunanya. Cara kerjanya, mereka menyebarkan pesan palsu yang berisi sebuah ajakan untuk mencoba layanan baru WhatsApp, yang secara nggak sadar membuat data pengguna dicuri tanpa diketahui pemiliknya.

3New Color for WhatsApp, malware  yang biasanya ditandai dengan menawarkan fitur warna baru

Nah, mirip dengan malware sebelumnya yang juga menawarkan sebuah fitur baru yang belum pernah ditawarkan, biasanya hacker akan memberikan sebuah link yang mengharuskan penggunanya mengaktifkan layanan tersebut. Sayangnya, ketika user menekan link tadi, justru data pribadi mereka yang dicuri secara nggak sadar karena memang tidak ada pemberitahuan dari pihak manapun!

4Pesan Organisasi yang biasanya mengajak untuk membuka link tertentu

Sebagai pengguna teknologi kekinian, kalian harus lebih bijak dalam mem-filter pesan yang masuk ke smartphone kalian. Nah, salah satunya yang biasa ditemui adalah link yang isinya berupa ajakan untuk membuka konten tertentu yang menggiurkan, tapi kalian harus lebih berhati-hati agar tidak terjebak dalam ''iming-iming'' hacker yang hanya kebohongan semata.

5Skygofree

Yang terakhir, ada sebuah malware berbahaya yang jika berhasil memasukismartphone kita, maka malware ini bisa meretas dan bahkan mengintip percakapan kita dengan orang lain melalui WhatsApp yang kalian gunakan. Dan parahnya malware ini juga bisa mengambil foto tanpa diketahui oleh penggunanya lho!

Jadi, sebagai pengguna teknologi yang maju sekarang ini, lebih bijaklah dalam menggunakannya dan selalu berhatii-hati dan nggak mudah tergiur dengan ''iming-iming'' semata. Semoga bermanfaat!

Sumber: Kubik News

Komentar

Postingan Populer