10 Fakta Mengejutkan Tentang Geografi Bumi, Yang Mungkin Belum Pernah Kamu Ketahui


Geografi bumi tak sama seperti yang dibayangkan oleh manusia. Pada sadarnya bumi memiliki  daratan dan lautan yang menjadikannya memiliki jutaan destinasi unik. Selain itu bumi juga menyimpan banyak misteri yang kadang sulit untuk dipecahkan.

Ada banyak hal yang belum diketahui penyebabnya yang membuat bumi memiliki sejumlah fakta yang tak biasa.

Seperti ke 10 fakta tentang bumi berikut ini yang belum pernah diketahui sebelumnya, seperti dilansir Tribunnews.com.


1. Kepulauan Diomede terdiri dari dua buah pulau yang berjarak hanya 2,4 mil, anehnya kedua pulau tersebut memiliki perbedaan waktu selama 21 jam.

2. Rusia memiliki daratan yang begitu luas, yang membuat Negeri Beruang Putih tersebut memiliki lebh dari 11 zona waktu yang berbeda.

3. Sebanyak 75 persen air di permukaan Bumi ini tersimpan dalam gletser es.

4. Point Nemo merupakan tempat terjauh dari kehidupan yang ada di Bumi.

5. Saat Pegunungan Himalaya mengalami pertumbuhan, Pegunungan Appalachian mengalami penyusutan karena erosi air hujan. 

6. Lautan terluas di dunia adalah Samudra Pasifik, di mana kutub berlawanan (antipoda) keduanya berada di titik yang sama.

7. Jika diukur dari pusat Bumi, Gunung Everest bukan gunung tertinggi di dunia. Sementara gunung tertinggi di dunia adalah Gunung Chimborazo yang treletak di Ekuador.

8. Four Corners merupakan sebuah titik di Amerika Serikat, di mana seseorang dapat berdiri di Arizona, New Mexico, Utah, dan Colorado dalam waktu bersamaan.

9. Kanada memiliki sebuah pulau di dalam danau dan danau di dalam pulau.

10. Kiribati merupakan satu-satunya negara yang berada dalam empat belahan bumi, yang memiliki 33 pulau karang dan satu pulau tunggal.





(*)





Sumber: Kubik News

Komentar

Postingan Populer