Sejarah Lahirnya Nama Makassar di Tanah Gowa



Berikut ulasan mengenai sejarah asal muasal lahirnya nama ‘MAKASSAR’, dimulai pada kisah hampir setengah abad yang lalu dan semuanya dirangkum dari berbagai sumber.

Di kisahkan pada tahun 1600-an,

Seorang Baginda Raja Tallo ke-VI sekaligus Mangkubumi Kerajaan Gowa-Tallo,

I Mallingkaang Daeng Mannyonri Karaeng Katangka yang merangkap Tuma’bicara Butta ri Gowa. bermimpi melihat cahaya bersinar yang muncul dari pantai Tallo selama tiga hari berturut-turut.

Cahaya itu memancar ke seluruh Tanah Gowa hingga ke negeri tetangga lainnya.

Hingga pada malam ketiga,tepatnya pada malam Jum’at tanggal 9 Jumadil Awal 1014 H atau tanggal 22 September 1605 M,

dibibir pantai Tallo nampak sebuah perahu kecil sedang merapat.

Layarnya terbuat dari kain sorban dan berkibar kencang.

Nampak sesosok lelaki menambatkan perahunya lalu melakukan gerakan-gerakan aneh yang nantinya diketahui bahwa gerakan itu adalah gerakan Sholat.

Cahaya yang terpancar dari tubuh Ielaki itu menjadikan pemandangan yang menggemparkan penduduk Tallo, yang sontak ramai membicarakannya hingga sampai ke telinga Baginda KaraEng Katangka.

Baginda Raja bergegas ke pantai. Dan anehnya tiba-tiba lelaki itu sudah muncul ‘menghadang’ di gerbang istana.Berjubah putih dengan sorban berwarna hijau. Wajahnya teduh. Seluruh tubuhnyamemancarkan cahaya.


Lelaki itu menjabat tangan Baginda Raja yang tengah kaku lantaran takjub. Digenggamnya tangan itu lalu menulis kalimat di telapak tangan Baginda.

“Perlihatkan tulisan ini pada lelaki yang sebentar lagi datang merapat di pantai,” perintah lelaki itu lalu menghilang begitu saja. Baginda terperanjat. la meraba-raba matanya untuk memastikan ia tidak sedang bermimpi.

Dilihatnya tulisan ditelapak tangannya ternyata jelas adanya. Baginda KaraEng Katangka lalu bergegas kepantai. Betul saja, seorang lelaki tampak tengah menambat perahu, dan menyambut kedatangan beliau.

Baginda raja menceritakan pengalamannya tadi dan menunjukkan tulisan di telapak tangannya pada lelaki itu.

“Berbahagialah Baginda, Tulisan ini adalah dua kalimat syahadat,” kata lelaki itu. Adapun lelaki yang menuliskannya adalah Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wassallam sendiri. Baginda Nabi telah menampakkan diri di Negeri Baginda.


Peristiwa ini dipercaya sebagai awal mula lahirnya nama “Makassar”, yakni diambil dari nama “Akkasaraki Nabbiya”, artinya Nabi menampakkan diri. Adapun lelaki yang mendarat di pantai Tallo itu adalah Abdul Ma’mur Khatib Tunggal yang nantinya dikenal sebagai Dato’ ri Bandang, berasal dari Kota Tengah (Minangkabau, Sumatera Barat).

Awalnya nama Makassar adalah mangkasarak artinya sesuatu yang menampakkan dirinya. Namun, karena ombak yang di pesisir pantai sangat lah deras sehingga untuk para pendatang tidak begitu jelas mendengarkan kata mangkasarak, yang mereka dengar hanya kata Makassar akibat derai ombak yang begitu kencang, akhirnya semakin lama nama Makassar semakin melekat di telinga para pendatang dan penduduknya sampai bertahan hingga saat ini

Baginda Raja Tallo I MallingkaangDaeng Manyonri KaraEng Katangka setelah memeluk Agama Islam kemudian bergelar Sultan Abdullah Awaluddin Awawul Islam KaraEng Tallo Tumenanga ri Agamana. Beliau adalah Raja pertama yang memeluk agama Islam di kerajaan gowa-tallo

#makassarkotadaeng





_





(*)

Source: yangkemarin.com

Komentar

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer