8 tips cara ampuh menguasai bahasa inggris tanpa kursus

Sebaiknya kita melakukan 8 cara ini untuk belajar bahasa inggris meski tanpa kursus

http://informasitips.com/wp-content/uploads/Dialek-Bahasa-Inggris-British-American-Berbeda-533x400.jpg

English alias bahasa inggris memang tak bisa dipungkiri bahwa bahasa tersebut dapat membantu dan mempermudah hidup kita bukan hanya dalam hal pekerjaan namun lebih jauh lagi yakni mempermudah kita dalam membangun komunikasi dengan saudara-saudara kita di seluruh dunia.Ya, bahasa inggris adalah bahasa internasional. Di seluruh dunia dipelajari dan dipakai sebagai Spoken Language.Bayangkan saja, kalau kita kebetulan bertemu atau berpapasan dengan Foreigner atau Bule di jalan, maka otomatis kita bakal menggunakan English atau bahasa inggris untuk berkomunikasi. Yaaa... minimal menyapalah dengan kata “hello... how do you do!” atau “Hi Sir /  Hi Madam” atau minimal dengan kata “What’s up!” dan sebagainya.Lebih jauh lagi, misalkan di pulau Bali atau beberapa tempat wisata lainnya di Indonesia, jika ada 2 orang saling bertemu di tempat-tempat tersebut, taruhlah Orang arab dan Orang Afrika atau Orang Australia dan Orang Indonesia sendiri yang saling bertemu, otomatis pasti menggunakan baahasa inggris untuk saling menyapa dan berkomunikasi.Bahkan di era serba online sekarang ini pasti kita menggunakan English dalam Chatting dengan teman atau kenalan kita di luar negeri.Dari hal yang sedemikian, kita sadari bahwa betapa pentingnya penguasaan English atau bahasa inggris itu dan tidak mengenal umur atau usia, pekerjaan, agama, ras, dan sebagainya. Karena hari ini adalah era Globalisasi. Dunia seakan mulai mengecil. Seperti tak ada jarak lagi. Amerika dan Indonesia bisa digapai secara seketika dan Real time.Dengan kata lain, kita semua dituntut untuk bisa berbahasa inggris. Tak peduli apapun jurusan kita di sekolah atau semasa kuliah, tak peduli apapun pekerjaan dan profesi kita, dan tak peduli berapapun usia kita.Nah, disini saya mau memberi dan berbagi tips cara cepat menguasai bahasa inggris yang dimana cara ini dari cara dan pengalaman yang saya lakukan dari dulu yang Cuma bisanya Cuma kata Yes dan kata No dan Alhamdulillah dengan izin Tuhan saya sudah mulai mampu berkomunikasi dengan English baik lisan maupun tulisan. Berikut Tips atau caranya:


1. Selalu menghafal kosa kataKosa kata 

adalah akar dari sebuah bahasa. Semakin banyak kosa kata yang kita hafal maka semakin mudah kita merangkai dan membangun  pemikiran atau kalimat atau pesan dalam sebuah proses komunikasi.Saya Cuma melakukan cara yang gampang saja kok, Cuma melakukan pengulangan kosa kata. Contohnya; Makan = eat (dibaca: it)  saya ulang-ulangi sebanyak 30 kaliLalu membaliknya lagi, Eat (dibaca: it) = Makan sebanyak 30 kali.Jadi dalam setiap kata dan Artinya saya melakukan pengulangan sebanya 60 kali.Memang hal ini agak sedikit aneh, namun ini akan menimbulkan kesan ke Alam bawah sadar kita. Apalagi kalau menghafalnya kita membantu diri kita dengan membayangkan seorang yang lagi makan. Dan baiknya lagi kalau dengan suara (jangan dalam hati saja). Dan sebagai Catatan bahwa janganlah pedulikan omongan orang yang melihat dan memperhatikan kita melakukan hal ini di rumah atau di luar. Mungkin kita di-cap “gila” atau “kerasukan” atau apalah pokoknya jangan terlalu dipedulikan dan jelaskan saja kepada mereka agar kita difahami. Sekalipun kita dianggap aneh.


2. Menghafal kosa kata keseharian

Dalam hal ini saya terilhami dari Bayi-bayi yang lahir ke dunia ini. Baru umur beberapa tahun saja sudah fasih berbahasa sekalipun belum sekolah dan tidak tahu menulis dan bahkan ada yang belum tahu menghitung. Setelah saya amati, ternyata mereka begitu cepat menyerap bahasa karena selalu diperhadapkan dengan bahasa keseharian Orang tuanya atau orang-orang yang berada di sekitarnya.Taruhlah contohnya Bayi atau Balita tersebut diajari makan dengan menyuapnya dengan kata “makan!” atau “ayo nak, makan!” dan sebagainya.Dan berbagai kata keseharian lainnya seperti minum, tidur atau bobo, kencing atau pipis, dan berbagai kata atau kalimat aktifitas keseharian lainnya. Disamping itu diperhadapkan dengan contoh aktivitas dan pengulangan.Nah, dari hal yang demikian yang saya amati, saya mencoba meniru dan mengaplikasikannya ke dalam proses belajar English di keseharian.


3. Menghafal kalimat-kalimat singkat beserta artinya

Setelah kita sukses menghafal kosa kata maka selanjutnya lagi adalah kita menghafal kalimat utamanya kalimat-kalimat yang digunakan dalam percakapan sehari-hari atau Basic Conversation yang dimana hal ini merupakan dasar selanjutnya dalam berkomunikasi dan dari kalimat ini pula nantinya kita bisa faham dalam Grammar atau Tata bahasa serta Tenses atau perubahan-perubahan kata atau kalimat berdasarkan waktu kejadiannya.Kalimat yang dihafal yang ribet-ribet amet kok, bisa dari Buku atau kalau mau lebih peraktisnya dari pencarian di Google atau lainnya.Namun dalam hal menghafal kalimat disini kita juga harus hafal dan fahami arti dari kalimat tersebut serta melakukan pengulangan. Yaa... seperti biasanya saya melakukan pengulangan 30 hingga 60 kali pengulangan setiap kalimat dan jangan lupa juga juga pelajari cara penyebutan kalimatnya. Karena beberapa kalimat atau kata dalam bahasa inggris itu lain tulisan lain cara baca, misalkan saja kata One yang dibaca “Wan” atau kata Island yang dibaca “Ailand” atau “Ailend” dan lain-lain.Adapun beberapa contoh kalimat yang dulu saya hafal dan melakukan pengulangan antara lain contohnya sebagai berikut:“Hi, my name is Muhlis” (hi, nama saya Muhlis)“I am a man” (saya adalah seorang cowok)“I love Girl” (saya suka cewek)“I was born in 1990” (saya dulunya dilahirkan di tahun 1990)Dan berbagai kalimat-kalimat lainnya dan saya mengulang-ulangi kalimat tersebut sebanyak 30 hingga 60 kali pengulangan agar benar-benar tertanam ke dalam Otak. Biasanya pula saya gunakan Tasbih sebagai alat bantu perhitungan.



4. Perbanyak membaca Buku yang berisi percakapan singkat

Dengan memperbanyak membaca Buku yang berisi percakapan singkat antara 2 orang atau lebih, secara tidak lansung dari sanalah kita belajar dan mengamati sebuah proses komunikasi dalam bahasa inggris itu. Dan adapun Bukunya banyak dijual kok di beberapa Toko buku dengan harga yang relatif murah. Bahkan ada juga buku yang dilengkapi dengan media pendukung seperti dulu ada Buku yang disertakan dengan Kaset tape dan lain-lain.Dalam hal ini juga kita tidak boleh buru-buru mau cepat bisa. Sebaiknya jangan mau cepat-cepat pindah ke lembaran berikutnya sebelum kita faham betul setiap bagian percakapan.Biasanya sih saya juga melakukan pengulang-ulangan dalam membaca setiap percakapan yakni 30 hingga 60 kali pengulangan. Tergantung pada isi dan tingkat kesulitan isi dalam sebuah percakapan yang ada dalam sebuah Buku. Jangan lupa juga untuk menggaris bawahi atau menandai dengan Stabillo atau Marker Warna untuk bagian kalimat atau kata yang menurut kita sulit difahami.Dan kalau kita memperoleh percakapan dari media Gadget atau dari Internet sebaiknya kita catat dalam Buku catatan kita. Agar lebih memudahkan kita dalam mengingat dan memahami serta memudahkan kita juga untuk menggaris bawahi kata atau kalimat yang sulit difahami atau belum diketahui arti atau maknanya. Jadi nanti mencari arti dan maknanya lebih mudah dengan menggunakan Kamus di Gadget atau HP kita.



5. Bercakap dengan teman imajinasi kita

Wow! Hal ini mungkin terdengar atau mungkin terlihat agak “tidak waras” atau sedikit “gila”. Namun bagaimanapun kita harus melakukan ini jika kita untuk sementara waktu belum memiliki atau menemukan teman “seperjuangan” dalam proses belajar bahasa inggris.Caranyapun cukup gampang karena Cuma tinggal dikhayalkan saja. Asalkan jangan teriak-teriak atau keras-keras volume suaranya. Takutnya nanti orang di rumah atau teman di sekitar kita bisa-bisa heran dan kaget. Woles aja lah! Hehehe...



6. Perbanyak nonton film barat

Nah, inilah kunci utamanya juga yakni nonton Film Barat yang paling efesiennya yang ada Subtitle-nya agar lebih mudah kita mengerti arti dari apa yang sedang dibicarakan dalam Film barat tersebut.Kita bisa mensiasati diri kita agar lebih mudah fokus bagi yang susah fokus (kalau gagal Move-on tidak termasuk ya) dengan meminum Secangkir Kopi. Karena Caffeine dalam Kopi dapat membantu kita lebih fokus serta mencegah rasa bosan dan rasa kantuk.Namun bagi yang tidak suka kopi siasati saja dengan cara lain sesuai keadaan diri masing-masing.Kita juga bisa siapkan Buku catatan untuk mencatat kata yang terlintas dalam Film yang kita tonton itu agar tidak berlalu saja.Dengan rajin-rajin menonton pastinya akan mempermudah dan mempercepat kita dalam proses belajar English.Pepatah lama mengatakan: SEKALI MELIHAT JAUH LEBIH BAIK DARIPADA SERIBU KALI MENDENGAR.


7. Mencari teman bercakap 

Cara inilah yang semestinya kita harus usahakan yakni berusaha mencari teman atau Partner dalam bercakap.Jika kita tidak ada teman yang demikian yang kita miliki atau di sekitar kita. Kita bisa mencarinya dengan meminta petunjuk dan bantuan dari teman-teman. Dan selanjutnya kita tinggal diperkenalkan dan berkenalan dengannya. Barangkali saja ketemu Partner Cinta... hehehe... ?


8. Teruslah Mengulang-ulangi 

semuanyaKonsistensi adalah kuncinya. Yakni intinya kita tidak boleh berhenti begitu saja jika suatu hari kita sudah bisa berbahasa inggris. Kita tidak boleh merasa puas dengan semua ilmu yang sudah kita ketahui karena “rasa puas membuat seseorang berhenti”, seperti itulah pesan dari seorang tokoh Agama yakni Alm. Ust. Jefri Al-bukhori.

OK... mungkin itu beberapa Tips dari cara dan pengalaman saya peribadi. Mungkin ada dari beberapa teman yang punya cara lain namun bagaimanapun inti dari penguasaan bahasa adalah menguasai kosa katanya selebihnya adalah Take Action alias praktik karena kita belajar menulis dari menulis dan belajar berbicara dari berbicara.


Semoga tips di atas bermanfaat dan selamat mencoba!

GOOD LUCK! ?


Ditulis oleh:

Muhlis (0852 4313 9988)

@bandarniaga.mks

FB: Muhlis Prabu Satmata

Blog: www.penulisbugis.blogspot.co.id

Komentar

  1. Iya kawan. Sama-sama. Tulisan yang demikian murni pengalaman saya sendiri.
    Saya baru tahu English atau berbahasa Inggris semenjak tamat Sekolah.
    Dulu di masa sekolah dalam hal English saya juga Orangnya Bego dan Tulalit 😁
    Semoga info dari Tulisan saya itu memberi berkah dan jalan untuk berubah.
    Semua inspirasi ini adalah dari Tuhan.
    Saya hanya perantara dan "Alat" semata.
    Terima kasih.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer