😇 RAHASIA HARI JUM'AT 😇

Rahasia dan Keutamaan Hari Jumat

Jum'at, 23 Februari 2018

KONFRONTASI -  Masih banyak kaum muslimin yang belum mengetahui kalau hari Jumat memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan hari-hari lainnya. Apa saja keistimewaan hari Jumat.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Nabi Shallallahu alaihi wa Salam bersabda, "Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah hari Jumat, (karena) pada hari ini Adam diciptakan, hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah akan datang hari kiamat kecuali pada hari Jumat." (HR Muslim).

- Kewajiban salat Jumat

Kewajiban salat Jumat paling ditekankan dan seagung-agungnya berhimpunnya kaum muslimin. Barangsiapa meninggalkannya (menunaikan salat Jumat) karena meremehkannya, niscaya Allah tutup hatinya sebagaimana di dalam hadits shahih yang diriwayatkan Muslim.

- Terdapat waktu orang berdoa di dalamnya diijabahi atau dikabulkan Allah SWT.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wa Salam bersabda, "Sesungguhnya di dalam hari Jumat, ada suatu waktu yang tidaklah seorang Muslim menemuinya (hari Jumat) sedangkan ia dalam keadaan berdiri salat memohon sesuatu kepada Allah, melainkan akan Allah berikan padanya." (Muttafaq alaihi)

Ibnul Qayyim berkata setelah menyebutkan adanya perselisihan tentang penentuan spesifikasi waktu ini, "Pendapat-pendapat yang paling rajih (kuat) adalah dua pendapat yang keduanya terkandung di dalam sebuah hadits yang tsabit (shahih). Yaitu, pendapat pertama, bahwasanya (waktu ijabah) mulai dari duduknya imam hingga ditunaikannya salat, sebagaimana dalam hadits Ibnu Umar bahwasanya Nabi Shallallahu alaihi wa Salam bersabda,

"(waktu ijabah tersebut) yaitu di antara duduknya imam sampai ditunaikannya salat." (HR Muslim).

Pendapat kedua, yaitu setelah waktu Ashar. Dan ini adalah dua pendapat yang paling kuat. (Zaadul Maad I/389-390).

- Bersedekah di dalamnya kebih baik daripada bersedekah pada hari lainnya.

Ibnul Qayyim berkata, "Bersedekah pada hari Jumat dibandingkan hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti bersedekah pada bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya."

Dan di dalam hadits Kaab (dikatakan), "Bersedekah di dalamnya lebih besar (pahalanya) daripada bersedekah pada hari lainnya." (hadits mauquf shahih namun memiliki hukum marfu).

- Ia adalah hari dimana Allah Azza wa Jalla memuliakan di dalamnya para wali-wali-Nya kaum mukminin di dalam surga.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu, beliau berkata tentang firman Allah Azza wa Jalla, "Dan pada sisi kami ada tambahannya." (QS Qaf, 35)

Beliau berkata, "Allah muliakan mereka pada tiap hari Jumat."

- Ia adalah hari Ied (perayaan) yang berulang-ulang setiap pekan.

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhuma berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wa Salam bersabda, "Sesungguhnya hari ini adalah hari Ied yang Allah jadikan bagi kaum Muslimin, barangsiapa yang mendapati hari Jumat hendaknya ia mandi" (HR Ibnu Majah dalam Shahih at-Targhib I/298).

- Ia (hari Jumat) adalah hari yang menghapuskan dosa-dosa.

Dari Salman beliau berkata, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Tidaklah seorang hamba mandi pada hari Jumat dan bersuci dengan sebaik-baik bersuci, lalu ia meminyaki rambutnya atau berparfum dengan minyak wangi, kemudian ia keluar (menunaikan sholat Jumat) dan tidak memisahkan antara dua orang (yang duduk), kemudian ia melakukan shalat apa yang diwajibkan atasnya dan ia diam ketika Imam berkhutbah, melainkan segala dosanya akan diampuni antara hari Jumat ini dengan Jumat lainnya." (HR Bukhari).

- Orang yang berjalan untuk menunaikan shalat Jumat, pada tiap langkah kakinya ada pahala puasa dan shalat setahun.

Sebagaimana hadits Aus bin Aus radhiyallahu anhu beliau berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wa Salam bersabda, "Barangsiapa yang mandi lalu berwudhu pada hari Jumat, lalu ia bersegera dan bergegas (untuk shalat), kemudian ia mendekat kepada imam dan diam, maka baginya pada setiap langkah kaki yang ia langkahkan (ada pahala) puasa dan shalat setahun, dan yang demikian ini adalah sesuatu yang mudah bagi Allah." (HR Ahmad dan Ashhabus Sunnan, dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah).

Subhanallah, Alhamdulillah Lailaha Ilallahu Allahu Akbar! Setiap langkah yang diayun menuju shalat Jumat sepadan dengan puasa dan shalat setahun?!

"Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan Allah mempunyai karunia yang besar." (QS al-Hadiid, 21)

- Jahannam itu dinyalakanyaitu dikobarkan apinya-setiap hari dalam sepekan kecuali pada hari Jumat. Hal ini sebagai salah satu bentuk pemuliaan terhadap hari yang agung ini. (Lihat Zaadul Maad I/387).

- Meninggal pada hari Jumat atau malamnya merupakan tanda-tanda husnul khotimah. Orang yang wafat pada hari ini akan aman dari siksa kubur dan dari pertanyaan dua Malaikat.

Dari Ibnu Amr radhiyallahu anhuma, Rasulullah Shallallahu alaihi wa Salam bersabda, "Tidaklah seorang muslim meninggal pada hari Jumat atau pada malam Jumat, kecuali Allah Taala lindungi dari fitnah kubur." (R Ahmad dan Turmudi, dishahihkan al-Albani). Syaikh Khlid Ab Shli(Juft/Inilah)

Source: konfrontasi

Komentar

Postingan Populer