7 Kunci Sukses Mahasiswa Di Dunia Kerja
Lebih Penting dari IPK Tinggi, 7 Kunci Sukses Mahasiswa di Dunia Kerja
Punya banyak pengalaman berorganisasi
Nilai IPK itu memang penting, apalagi ketika kamu akan mendaftarkan diri di tempat kerja dan bersaing dengan ribuan pelamar lainnya. Meski begitu, nilai IPK itu bukan segalanya kok, banyak hal lain yang lebih penting dari itu.
Bahkan, 7 hal ini bakal membuatmu bisa survive ketika kamu bekerja nanti. Ingin tahu apa saja? Coba deh temukan jawabannya di bawah ini!
1. Disiplin
imdb.com
Sifat disiplin itu harus dimiliki ketika kamu sudah bekerja. Masih sering bangun telat dan berangkat mepet saat ada kuliah pagi? Sebaiknya hentikan kebiasaan ini sekarang juga. Ketika sudah bekerja nanti, atasan akan menilai kedisiplinanmu. Ketika kamu gak bisa menunjukkan versi terbaik dari dirimu dan gak bisa menghargai waktu, jangan harap perusahaan akan mempertahankanmu.
2. Jangan menunda pekerjaan
Photo by Štefan Štefančík on Unsplash
Menunda pekerjaan hanya akan membuat beban kerja tambah berat dan pekerjaan terasa tambah banyak. Masih sering melakukan hal ini saat kuliah? Sebaiknya berhenti selagi bisa. Usahakan untuk selalu menyelesaikan pekerjaan secepatnya. Ketika sudah bekerja nanti kamu dituntut untuk cepat dan tepat dalam menyelesaikan mandat dari atasan.
3. Aktif dan selalu punya inisiatif
Photo by Francois Duhamel
Atasan bakal suka dengan sikap karyawan yang memiliki insiatif dan selalu aktif tanpa perlu disuruh terlebih dahulu. Sebaiknya, kamu menumbuhkan sikap ini sedari di bangku kuliah. Banyak bertanya ketika di kelas, aktif saat belajar kelompok, dan memiliki peranan penting dalam pengambilan keputusan.
4. Gak hanya fokus pada teori saja, tapi juga pengaplikasiannya di dunia nyata
Photo by Climate KIC on Unsplash
Teori yang kamu dapatkan di bangku kuliah itu bukan segalanya. Yang terpenting itu adalah kamu harus bisa mengaplikasikannya di dunia nyata. Teori tanpa praktek itu nol. Jadi, sebaiknya sekarang fokus juga untuk mempraktekkan pengetahuan yang kamu dapat di bangku kuliah ya.
5. Lihai membangun relasi dengan banyak orang
Photo by Omar Lopez on Unsplash
Fleksibel dan easy going harus dimiliki ketika kamu ingin sukses di dunia kerja. Gak bisa dimungkiri kamu akan bersinggungan dengan orang lain. Memiliki sifat ini membuatmu bisa punya banyak relasi dan bertahan di tempat kerja karena bisa menjaga hubungan baik dengan kolega dan rekan kerja.
6. Punya banyak pengalaman berorganisasi
IDN Times/Indiana Malia
Pengalaman berorganisasi itu akan memengaruhi kinerjamu. Sudah terbiasa bernegosiasi dan bekerja dalam kelompok, kamu gak lagi canggung ketika terjun ke dunia kerja. Pengalaman ini bakal sangat berguna daripada nilai IPK.
7. Memperbanyak pengalaman magang di bidang yang memang ingin kamu tekuni
Photo by Frank Masi
Perbanyaklah pengalaman magang di bidang yang ingin kamu tekuni. Misalnya saja, ketika bermimpi menjadi jurnalis, maka selama kuliah bergabunglah dengan UKM jurnalistik, ikut banyak kelas menulis, dan magang di perusahaan media. Serentet pengalamanmu ini bakal jadi pertimbangan atasan untuk memperkerjakanmu.
Sudah siap terjun ke dunia kerja?
Souce: IDN Times
Komentar
Posting Komentar